Inspirasi Menciptakan Lagu

Membuat Lagu Ciptaan

Lagu adalah bagian dari musik yang menyatu dalam sebuah syair dan nada. Ketika kita ingin menciptakan sebuah lagu, begitu banyak inspirasi yang datang di dalam pikiran. Inspirasi itu berasal dari pengalaman dan pengelihan juga pendengaran. Ketika ingin menciptakan sebuah lagu, hal yang kita lakukakan adalah mendengar, melihat dan menuliskannya dalam sebuah kata. Bahkan dari pengalaman menjadikan inspirasi yang mendalam dalam sebuah syair lagu.
Syair itu tercipta dari keiniginan ingin mencurakan yang ada dalam pikiran kita. Banyak orang hanya mampu menulis syair tapi tak mampu menciptakan nada, ada juga orang mampu menciptakan nada tapi tak mampu membuat syair. Memang, jika sekilas kita lihat dalam membuat syair sangat mudah. Tapi dalam sebuah syair lagu harus memiliki pengaruh terhadap senuanya, artinya harus memilki makna setiap lirik, tujuan untuk siapa dan pengaruhnya untuk apa dan bagaimana. Kata seseorang, lagu itu tercipta dari sajak puisi dan dicurahkan dalam sebuah lagu. Memang benar tentang hal itu, tapi perlu juga dikoreksi dalam membuat syir untuk lagu. Tidak sembarangan dalam membuat syair untuk lagu. Ketika syair sudah terbentuk, terkadang tidak sesuai dengan nada yang dibawa.

Hal ini merupakan sebuah kesulitan seseorang dalam menciptakan lagu. Membuat syairlagu haruslah memiliki pola dan aturan. Di dalam bait dan lirik haruslah sama atau se-pola. Artina jika dalam bait pertama baris pertama jumlah kata enam, tentu juga pada bait kedua atu ketiga harus disamakan. Itulah salah satu persyaratan dalam menciptakan lagu. Membuat lagu tidaklah sembarangan dan bukanlah untuk direndahkan. Syair sebuah lagu memiliki makna pokok tersendiri untuk kehidupan seperti cinta, perjuangan,  alam, dll.

Lagu dapat mengubah hati menjadi bahagia dan sedih tergantung permasalah yang kita alami. Tetapi juga setiap lagu haruslah kita dengar dan pahami arti sebuah lagu itu. Membuat lagu ciptaan adalah hal yang begitu romantis dan menyenangkan. Dengarkan saja apa kata lagu itu dan ikuti irama yang ada. Mainkan alat musikmu sehingga pikiranmu menuntunmu untuk menciptakan sebuah nada yang kamu inginkan. 

Jika kita lihat para penyanyi, banyak lagu-lagu yang tidak memiliki arah dan tujuan. Apakah itu sebuah lagu?
Tentu saja sebuah lagu, tapi lagu itu jenis lagu apa. Tergantung setip orang yang menyikapinya. Salah satu contoh lagu musisi Indonesia Ariel - Peterpan lagu "Dara". coba kamu baca setiap lirik. 

Dara jangan kau bersedih
ku tahu kau lelah
tepiskan keluh dunia
biarkan mereka, biarkan mereka

Tenangkan hatimu di sana
tertidur kau lelap
mimpi yang menenangkan
biarkan semua, biarkan semua

Chorus:
Kurangi beban itu
tetap lihat kedepan
tak terasingkan dunia
dua jiwa yang perih

Masih ada disana
tempat kita berdua
dalam hati yang menyatu
tempat kita berdua

Kurangi beban itu
tetap lihat kedepan
tak terasingkan dunia
dua jiwa yang perih

Masih ada disana
tempat kita berdua
dalam hati yang menyatu
tempat kita berdua

maya jangan kau bersedih
ku tahu kau lelah
tepiskan keluh dunia

Nah, kata yang sederhana tetapi memilki makna yang sangat dalam. Tujuannya untuk seseorang kekasih yang dalam kesulitan atau sedang mengalami masalah tetapi tak ada dirinya disampingnya untuk menemani. Sehingga dia mengungkapkan perasaan itu lewat sebuah syair lagu. Jika kita maknai refren lagu itu, maknanya sangat luas sekali. Bukan hanya seseorang lagi tetapi untuk semua orang yang memilki masalah agar jangan melihat hal kebelakangm tetapi lihatlah kedepan. Sangat baik makna lagu ini. Nah untuk itu, ketika ingin membuat lagu, cintai setiap bait dalam lagu dan pahami setiap kaliamat dalam syair. Membuat lagu bukanlah hal yang gampang seperti orang-orang bilang. So, ciptakan karyamu dan tunjukkan pada dunia sehingga kamu menemukan apa yang kamu  cari. Jangan takut apa kata orang lain tentang musikmu. Jika kamu mecintai musik, itulah yang harus diperjuangkan.

Sebenarnya, penulis masih banyak pemikiran untuk melanjutkan cerita ini tetapi suatu saat nanti akan menjadi sempurna.

Comments

  1. kereeen sob, BTW fans nya Ariel ya?
    oya, aku follow tuh, folback ya...
    salam

    ReplyDelete
  2. Boleh saja dibilang fans, karna aku juga pcinta musik.. so, support pencipta lagu..

    udah aku follow balik sob..

    ReplyDelete
  3. I have not failed.alwys suporting her.

    ReplyDelete

Post a Comment

Jangan Lupa Beri Saran Positif..

Popular posts from this blog

BUKU TAMU UNTUK SEMUA

Daftar Saja dapat Rp.10.000

Simanindo Huta Bolon